Quality Resources Coach Indonesia

Pentingnya Seorang Coach Memiliki Skill Listening yang Baik

 

Seorang coach yang efektif tidak hanya berbicara, tetapi lebih banyak mendengarkan. Keterampilan mendengarkan yang baik adalah kunci utama dalam proses coaching, karena melalui kemampuan ini, coach dapat memahami secara mendalam perasaan, pikiran, dan kebutuhan coachee. Berikut adalah keutamaan jika coach memiliki kemampuan mendengar yang lebih mendalam. 

 

  • Mampu Mendeteksi Maksud yang Tersirat

Coach menghabiskan 70% waktunya untuk mendengar, dan 30% untuk berbicara. Sehingga coach dapat memahami coachee dengan mendalam. Coach bukan hanya perlu memahami kata-kata, tetapi juga emosi, perasaan, dan pikiran yang memberi arti sesungguhnya terhadap kata-kata coachee.Oleh karena itu, seorang coach harus mampu mendengar dengan telinga, mata, hati, dan kepala.

  • Memberikan Ruang untuk Refleksi Diri

Tidak mendesak dan memberi waktu bagi coachee untuk menjawab pertanyaan, sehingga coache bisa melakukan refleksi, berpikir mendalam, dan memiliki kesadaran baru untuk memikirkan solusi dari permasalahannya. Maka, coach harus sabar dan nyaman dalam hening.

 

  • Menunjukkan Empati dan Pemahaman

Kemampuan untuk mendengarkan dengan empati membantu seorang coach menunjukkan bahwa mereka benar-benar peduli dan menghargai apa yang klien alami. Ini menciptakan ruang yang aman bagi klien untuk berbicara tentang tantangan mereka tanpa merasa dihakimi.

 

  • Memahami Kebutuhan dan Tujuan Klien dengan Lebih Baik

 Dengan keterampilan mendengarkan yang baik, coach dapat lebih jelas memahami kebutuhan, tujuan, dan motivasi coachee. Ini memungkinkan mereka untuk memberikan bimbingan yang lebih sesuai dan membantu klien menetapkan tujuan yang realistis dan dapat dicapai.

 

  • Mengajukan Pertanyaan yang Membuka Pikiran 

Salah satu tujuan coaching adalah membuka wawasan dan cara pandang seorang coachee. Untuk itu, coach harus mampu mengajukan pertanyaan bermakna yang dapat menggugah pemikiran dan membuka pandangan yang lebih luas

Pertanyaan seperti ini, biasanya selalu terkait dengan aspek internal coachee, seperti perasaan, pemikiran, nilai-nilai, tujuan yang seringkali tidak disadari oleh coachee sendiri. Pertanyaan ini akan mendorong coachee untuk melakukan refleksi, keberanian keluar dari zona nyaman, dan kreatif mencoba hal-hal baru dalam rangka mencari solusi dari permasalahannya. 

 

  • Membangun Kepercayaan dan Hubungan yang Kuat

Kemampuan mendengarkan dengan baik adalah fondasi utama dalam membangun hubungan yang saling percaya antara coach dan klien. Ketika klien merasa didengar dan dipahami, mereka akan lebih terbuka dalam berbagi perasaan dan tantangan, yang memfasilitasi proses coaching yang lebih efektif.

Coach tidak canggung untuk menjalin hubungan dengan siapa saja, tanpa adanya judgement dan mampu melihat segala hal dari aspek positif. Sehingga mampu memberikan lingkungan yang aman untuk membangun kepercayaan coachee kepada coach. Maka, munculah koneksi yang mendalam di antara coach dan coachee

Dengan adanya koneksi mendalam antara coach dan coachee, maka sesi coaching akan sangat efektif dan menyenangkan.Dengan mendengarkan secara penuh dan empatik, seorang coach dapat memberikan dukungan yang lebih mendalam, membantu coachee menemukan solusi, dan mencapai tujuan mereka dengan lebih jelas.

Oleh karena itu, mengasah keterampilan mendengar yang baik adalah langkah penting bagi setiap coach yang ingin memberikan dampak positif dalam perjalanan perkembangan pribadi dan profesional coachee mereka.

Jika ingin mempelajari kemampuan mendengar untuk seorang coach, Anda perlu mengikuti program Coach Certification Program yang diselenggarakan oleh QR dan Corporate Coach Academy, salah satu top 3 sekolah coaching terbaik di dunia. 

Untuk info selanjutnya, Anda bisa mengunjungi link berikut ini: https://www.qrcoach.id/global-coaching-world/ 

Let’s go beyond with QR!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Consultation