Quality Resources Coach Indonesia

Istilah-istilah di Dunia Kerja yang Wajib Kamu Tahu!

Di dunia kerja, terdapat banyak istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan proses, situasi, atau konsep tertentu. Memahami istilah-istilah ini dapat membantu kamu beradaptasi dengan lingkungan kerja dan berkomunikasi dengan lebih efektif.

Berikut adalah beberapa istilah yang wajib diketahui di dunia kerja:

  • Onboarding: Proses penerimaan dan pengenalan karyawan baru. Dalam proses onboarding, biasanya karyawan baru akan dikenalkan oleh rekan kerja dan sistem kerja yang perlu mereka pelajari.
  • Overtime: Waktu kerja tambahan di luar jam kerja reguler atau sering disebut lembur. Biasanya karyawan yang bekerja lembur mendapatkan kompensasi tambahan.
  • Annual leave: Cuti tahunan yang diberikan perusahaan untuk karyawan. Jumlah hari cuti tergantung dari peraturan ketenagakerjaan dan kebijakan perusahaan yang berlaku.
  • KPI (Key Performance Indicator): Key Performance Indicator atau KPI adalah metrik yang digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja individu, tim, atau organisasi terhadap tujuan yang telah ditetapkan.
  • SOP (Standard Operational Procedures): Standard Operational Procedures atau SOP adalah suatu sistem  atau proses kerja yang tertulis dan wajib diikuti karyawan. Tujuan dari SOP adalah untuk memastikan konsistensi dan efisiensi dalam operasional sehari-hari, mengurangi kesalahan, dan meningkatkan kualitas kerja.
  • ASAP (As Soon As Possible): Istilah ini digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu tugas atau permintaan harus diselesaikan secepat mungkin. Biasanya digunakan dalam email atau pesan singkat. 
  • Cc (Carbon Copy): Istilah ini sering ditemukan dalam email yang memungkinkan pengirim untuk mengirim salinan email kepada penerima tambahan selain penerima utama. Cc juga dipakai untuk menunjukkan bahwa orang yang kamu sebut di kolom tersebut harus tahu mengenai hal yang terjadi.
  • FU (Follow Up): Sebutan ini menunjukkan bahwa ada hal yang perlu ditindaklanjuti dan akan menjadi pembahasan di meeting selanjutnya.
  • MoM (Minutes of Meeting): MoM adalah singkatan dari minutes of meeting yang berarti catatan rapat atau notulen rapat. MoM merupakan catatan resmi yang berisi hasil rapat, termasuk poin-poin penting yang dibahas dan keputusan yang diambil.
  • End of Day (EoD): Istilah ini sering digunakan untuk menandakan pekerjaan yang harus diselesaikan di hari itu, jadi tenggat dari pekerjaan EoD adalah di penghujung hari jam kerja yang berlaku. 

Istilah-istilah di atas adalah bagian dari bahasa sehari-hari di dunia kerja dan sangat penting untuk dipahami agar kita bisa beradaptasi dan berkomunikasi dengan efektif di lingkungan profesional. Jika ingin mengetahui dinamika lingkungan kerja dan bagaimana menyikapinya, kamu bisa mempelajarinya dalam modul 6 Pathways to Success: An Ultimate Guide to Fulfilling Career and Life. 

Dalam modul ini berisikan panduan  panduan tentang pengembangan karir untuk kamu yang baru saja memasuki dunia kerja. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi link berikut ini: https://bit.ly/GenZsUltimateGuide

Let’s go beyond with QR!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Consultation